Selasa, 25 Juni 2013

Pengenalan Komputer Beserta Perangkat-Perangkatnya

Pengenalan  komputer


Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Etimologi
Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Jenis
 Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.
Komputer benam
Pada sekitar 20 tahun , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.
Komputer pribadi
Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saaja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.
Bagaimana komputer bekerja
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Memori

modul memori RAM
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya.

Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.

Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).

Input dan hasil

I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.

Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.

Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi).

Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, "programmer." "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Penggunaan komputer

 Anak-anak sedang belajar penggunaan komputer bersama sang guru.
Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer di masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk I, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia - misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur memprogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
 
  Perangkat keras
ü   Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
ü   Hard drive, media penyimpanan semi permanen
ü   Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
ü   Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer

         Perangkat lunak
ü  Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.


Program komputer Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
ü  Slot pada komputer
ü  ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
ü  AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
ü  IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
ü  USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat
ü  yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)

Jenis komputer
ü  Komputer analog
ü  Komputer pulsa
ü  Mikrokomputer
ü  Komputer rumah (home computer)
ü  Komputer pribadi (PC)
ü  Server                  
ü  Minikomputer
ü  Mainframe computer
ü  Superkomputer
1.Fungsi perangkat Keras (Hardware) Komputer :

1. Monitor
Monitor ini mempunyai fungsi sebagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.
                             
2. CPU (Central Processing Unit)
CPU berfungsi sebagai pengendali proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sebagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer dan sebagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.
 
3. Printer
Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.

 4. Scanner
Scanner ini seperti mesin fotocopy dan berfungsi untuk mengkopy data objek dan dipindahkan kedalam memory komputer dan hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.

5. Mouse
Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.

6. Keyboard
Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file.
 
7. Speaker
Speaker berfungsi untuk merubah gelombang listrik dari perangkat audio menjadi gelombang suara atau getaran.
 
8. Modem
Modem berfungsi alat komunikasi dua arah dan saat ini lebih digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
 
9. Stabilizer
Fungsi stabilizer untuk menstabilisikan tegangan listrik apabila voltase listrik turun.

 10. Harddisk
Fungsi harddisk untuk menyimpan data komputer dan penyimpanan Operation System (OS) serta sebagai alat booting komputer.
 
11. RAM / Modul Memori
Fungsi RAM / Memori adalah sebgai perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara sehingga membuat akses data yang sama lebih cepat.
 
12. PowerSupply
Power Supply berfungsi sebagai penghantar arus listrik, kontrol voltase pada perangkat keras komputer.

 13. KabelData
Kabel data berfungsi untuk mengirim data atau menerima data komputer.

 14. Kabel VGA
Fungsi kabel VGA untuk menampilkan  out put / hasil pengolahan data komputer dan selanjutnya bisa bisa dilihat di layar monitor.
 
15. FanKipas
Fungsi fan adalah sebagai pendingin perangkat komputer, seperti processor, harddisk

 16. LAN Card
Fungsi LAN Card untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN

 17. Motherboard
Fungsi Motherboard / Mobo sebagai wadah / papan sirkuit utama tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur dan juga konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.
 
18. Processor
Fungsi processor untuk merespon dan mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.

 19. Headsets
Fungsi headsets untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.

 20. Microphone
Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi arus listrik.

 21. CD-Room
Fungsi Cd-Room sebagai tempat untuk proses burning, copy CD dan install software menggunakan CD/DVD.

22. CD / DVD
Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data

 23. Flashdisk
Fungsi Flashdisk untuk menyimpan data-data

 24. Webcam
Fungsi Webcam sebagai alat bantu pada komputer misalnya untuk melihat gambar orang yang diajak chatting.

25. Joystick
Fungsi joystick sebagai alat bantu untuk memainkan permainan / game.

 26. Video Adaptor atau GPU
Fungsi Video Adaptor sebagai penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar monitor dan juga dapat memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan kualitas warna yang terbaik dan juga dapat mempercepat kinerja software Operation System.
 
27. Sound Card
Fungsi Sound Card sebagai penghubung output audio ke speaker, penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon.
 
28. UPS
Fungsi UPS untuk menyimpan/menyediakan arus listrik tambahan 

29. Barcode
Fungsi Barcode untuk membaca kode yang berbentuk kotak atau garis lalu diterjemahkan dalam bentuk angka-angka, biasanya terdapat pada kasir supermarket.







2. Fungsi perangkat Lunak (Software) Komputer :

Perangkat lunak telah berkembang sedemikian pesat seiring dengan kemajuan teknologi. Saat ini telah beredar ribuan perangkat lunak baik yang berlisensi (shareware) maupun gratisan (freeware).Berdasarkan fungsinya perangkat lunak dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Perhatikan bagan berikut :

1. Perangkat Lunak Pengolah Kata

1.1. Lotus Word pro

Lotus word pro adalah aplikasi pengolah kata yang dibuat oleh IBM (international bussines machine).
Kelebihan aplikasi ini adalah :
·         File yang dibuat di lotus word pro dapat dibuka dan diedit memakai Microsoft word.
·         Word pro memiliki fasilitas Helpful menu finder yang berfungsi membantu menemukan perintah-perintah yang sesuai perintah word dan word perfect.

1.2. Corel Wordperfect
Word perfect versi terbaru adalah word perfect office X 3 yang dapat dijalankan di windows XP, windows 200, dan windows 98.
Kelemahan aplikasi ini adalah membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang lebih tinggi, yaitu minimal Pentium III dengan memori 128 MB.
Kelebihannya adalah harganya lebih murah disbanding MS.Word dan dapat membaca file yang dibuat di MS. Word.

1.3. Star office Writer
Aplikasi ini bersifat multiflatform, artinya dapat dijalankan diberbagai system operasi termasuk linux, solaris, unix, dan windows.
Kelebihan Star office writer adalah :
·         mampu mengkonversi file dari ms.word dan word perfect.
·         Harganya murah dan mudah memakainya
·         Mempunyai banyak contoh memo, faks, surat, resume, dan dokumen.

1.4. OpenOffice Writer
Aplikasi ini lisensinya gratis (freeware), jadi siapa saja dapat mendistribusikan lagi tanpa harus membeli lisensi. Kita dapat mengunduhnya di http://www.openoffice.org
Kelebihan aplikasi ini adalah :
·         Dapat dijalankan diberbagai system operasi (multiplatform) seperti Linux, Windows, Unix, Solaris dan Max OS.
·         Fitur yang dimiliki mirip dengan Microsoft word, sehingga memudahkan pemakaian bagi pengguna baru.
·         Data yang dibuat di aplikasi ini dapat dibuka dan diedit di Ms. Word dan sebaliknya data di Ms. Word dapat dibuka dan diedit di openoffice writer.

1.5. Microsoft Word
Ms. Word merupakan aplikasi pengolah kata yang di keluarkan oleh Microsoft corporation
Ms word biasanya telah terpaket dengan program lain dalam aplikasi Microsoft office.
Ms. Office tampil dalam banyak versi antara lain office 95, office 97, office 2000, office XP, dan office 2007.
Kelebihan ms word adalah :
·         Mudah digunakan (user friendly)
·         Fitur lengkap sesuai kebutuhan
·         Mampu membuat berbagai jenis dokumen antara lain surat, buku, publikasi dan gambar sederhana.
Kekurangannya adalah :
·         Satu software harus diinstal untuk satu computer dengan membayar lisensi yang mahal.

2. Perangkat Lunak Pengolah Angka

2.1. Kspread
Kspread adalah aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform.
Opensource artinya aplikasi ini dapat digunakan secara bebas dan tidak perlu membayar lisensi. Bahkan program ini terbuka untuk dikembangkan sendiri oleh pengguna.
Multiplatform artinya aplikasi ini dapat dijalankan diberbagai system operasi misalnya windows, linux, solaris, dan max OS.
Aplikasi ini dapat di unduh (download) di alamat internet : http://www.koffice.org.
Kelebihan kspread adalah :
·         Tampilannya dilengkapi menu dan tombol-tombol sehingga mudah digunakan.
·         Dilengkapi fitur-fitur pengolah angka dengan berbagai kemudahan
·         Mampu mampu melakukan perhitungan lebih dari 100 fungsi
·         Mampu mengurutkan angka.
·         Dalam satu dokumen mampu memuat banyak lembar kerja dan banyak table.

2.2. Star Office Calc.
Star office calc adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh Sun Micro System.
Aplikasi ini bersifat multiplatform, sehingga dapat dijalankan diberbagagi system operasi.
Kelebiihan star Office Calc adalah :
·         Mampu mengenali dan mengklarifikasi data di lembar kerja untuk diterjemahkan dalam bentuk grafik.
·         Mampu mengkonversi data yang dihasilkan ke dalam dokumen Excel.

2.3. OpenOffice calc
Open office calc adalah software yang bersifat open source, artinya orang lain dapat merubah program sesuai dengan kebutuhan. Selain itu perangkat lunak ini bersifat multiplatform sehingga dapat berjalan dengan berbagai system operasi seperti windows, linux, unix, solaris, dan max OS.
OpenOffice Calc adalah freeware oleh karena itu siapa saja bias menggunakannya tanpa harus membayar lisensinya.
Perangkat lunak ini dilengkapi tampilan mirip seperti Ms. Excel penempatan menu-menu, toolbar tidak berbeda jauh dengan Ms. Excel.

2.4. Gnome-Gnumeric
Gnumeric adalah perangkat lunak pengolah angka dari Gnome office.
Perangkat lunak ini bersifat open source dan dapat digunakan secara bebas (freeware)
Selain itu software ini bersifat multiflatform, sehingga dapat dijalankan dengan berbagai sistem operasi .
Tampilan perangkat lunak ini juga user friendly, karena dilengkapi tombol-tombol dan menu seperti pada MS. Excel.

2.5. Abacus
Perangkat lunak ini hanya memerlukan memori kecil dan mudah digunakan. Software ini dikembangkan oleh mahasiswa universitas IST Portugal dibawah bimbingan Prof. Arlindo Olivera.
Abacus telah dilengkapi fitur-fitur standar pengolah angka, menu-menu dan tombol-tombol untuk memudahkan pengguna memakai aplikasi ini.

2.6. XESS
Aplikasi ini dibuat oleh AIS (Aplied Information System). Kelebihannya adalah bersifat multiplatform.
Xess diproduksi dengan dua model yaitu Enterprise dan lite. XESS Enterprise dilengkapi fitur-fitur standar, kompetibel dengan lotus dan Excel, mampu menggunakakn macro adds-ins, dan fasilitas pemrograman.

2.7. Lotus 123
Aplikasi ini termasuk pengolah angka tertua dan dibuat oleh IBM (International Business Machine).
Kelebihan Lotus 123 adalah mampu bertukar dokumen dengan MS. Excel dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.

2.8. Microsoft Excel
MS. Excel adalah pengolah angka buatan Microsoft Corporation. Dalam penjualannya biasanya excel telah dipaket dalam satu kemasan MS. Office yang biasanya disertai MS. Word, MS. Powerpoint, MS. Access, MS. Front Page, dan MS. Publisher.
Kelebihan Excel adalah tampilannya user friendly, disertai menu-menu standar dan fitur-fitur yang sangat diperlukan untuk pengolahan angka.
Kelemahan Excel adalah harus membayar lisensi yang relative mahal, karena program ini bersifat shareware.
ü  Tampilan MS. Excel adalah sebagai berikut :
Baris Judul (title bar)
Memuat judul dari dokumen yang sedang aktif. Sehingga membantu pengguna untuk mengetahui dokumen apa yang sedang dikerjakan.
Secara default excel akan menamai setiap dokumen dengan nama Book1, book2 dan seterusnya.
ü  Kontrol jendela
Control jendela terdiri dari tiga tombol dengan gambar silang (X), gambar kotak kecil bertumpuk , dan tanda minus.
Gambar silang berfungsi untuk menutup program, sedangkan gambar kotak kecil berfungsi memperkecil dan memperbesar tampilan. Symbol minus digunakan untuk menyembunyikan tampilan (minimize) dan menampilkan kembali jendela (maximize).
ü  Menu bar
berisi perintah-perintah yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya.
ü  Toolbar
Berisi tombol-tombol yang memuat perintah-perintah dalam excel

3. Perangkat lunak Presentasi

3.1. Star Office Impress
Merupakan aplikasi presentasi yang dikeluarkan oleh Sun Microsystem beserta aplikasi kantor lainnya.
Aplikasi ini bersifat multiplatform, sehingga bisa dijalankan di Linux, Solaris, Unix dan Windows.
Kelebihannya adalah :
·         Data yang dibuat di Star Office dapat dibuka dan diedit di MS. Power Point.
·         Memiliki wizard untuk memudahkan pengguna pemula
·         Memiliki menu dan tombol yang mudah digunakan.

3.2. OpenOffice Impress
Bersifat Opensource sehingga pengguna dapat memodifikasi aplikasi ini sesuai kebutuhan.
Bersifat freeware, sehingga siapa saja dapat mengedarkan dan memakainya tanpa harus membayar lisensi.
Bersifat multifalform, sehingga dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Linux, Solaris, dan mac.

3.3. Kpresenter
Kelebihannya adalah :
·         dapat berintegrasi dengan perangkat lunak Koffice lainnya.
·         Memiliki template – template presentasi
·         Dilengkapi fitur-fitur yang biasa digunakan untuk presentasi
·         Mampu diselipi semua obyek baik grafik, gambar, clip art dan lain-lain
·         Mampu menyimpan data dengan format HTML.

3.4. Power Point
Aplikasi ini bersifat shareware sehingga pengguna harus membeli lisensi terlebih dahulu.
Kelebihan power point adalah :
·         User friendly artinya tampilannya membantu pengguna mudah mempelajarinya.
·         Dapat menyisipkan gambar, lagu, film maupun obyek lain.
·         Dapat menyimpan data dalam bentuk HTML
·         Dapat mengkonversi data dengan ekstensi PPT menjadi gambar dengan format JPG.
·         Tampilan Power point adalah sebagai berikut :

4. Perangkat Lunak Antivirus

Antivirus adalah perangkat lunak yang berfungsi melindungi computer dari serangan virus. Virus adalah sebuah program yang berukuran kecil, mampu menggandakan diri secara otomatis dan mampu merusak computer. Virus jumlahnya mencapai ratusan ribu, misalnya worm, Trojan, brontok dan lain-lain. Antivirus ada yang bersifat freeware misalnya; AVG, Norman AV, Antivir, Clamwin, PCMAV, RAV (Rising Anti Virus), dan lain-lain Antivirus yang bersifat shareware antara lain ; MC Affee, Norton AV, Kaspersky, dan lain-lain.Agar computer kita terhindar dari serangan virus maka yang harus dilakukan adalah:
·         harus kita install antivirus dan sering di update karena setiap saat jenis virus bertambah.
·         Selalu menscan media penyimpan data terlebih dahulu sebelum membukanya
·         Jangan membuka file yang dicurigai terifeksi virus.
·         Jangan membuka file yang tidak dikenal.


3.Fungsi perangkat Intelektual (Brainware) Komputer :

Brainware Komputer
Brainware Komputer adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal. Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan :

A. System Analyst
System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang system analyst harus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang system analyst untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang system analyst untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorang system analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang system analyst untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer, administrator dan profesi sistem lainnya.

B. Programmer
Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.

C. Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.

D. Operator
Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.


4 tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem komputer. Sebenarnya dalam bidang IT masih banyak brainware-brainware komputer lainnya seperti Teknisi, Graphic Designer, Spesialis Jaringan, dll. Namun itu semua tidak wajib harus Anda ketahui, yang wajib Anda ketahui cukup 4 tingkatan ini.



1 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More