Jumat, 19 Juli 2013

MACAM-MACAM VARIABEL (METODE PENELITIAN)

MACAM-MACAM VARIABEL (METODE PENELITIAN)

    Variabel-variabel penelitian dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa pendekatan, di antaranya berdasarkan :

A.  Fungsi Variabel

Tipe-tipe variabel dapat diklasifikasikan berdasarkan fungsi variabel dalam hubungan antar variabel, yaitu:

a.    Variabel Independen dan Variabel Dependen. Variabel Independen adalah tipe variabel yang menjelaskan atau mempengaruhi atau menjadi penyebab berubahnya variabel dependen.

Variabel Dependen adalah tipe variabel yang dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel independen. Variabel independen (prediktor) disebut juga dengan variabel yang diduga sebagai sebab dari variabel dependen, yaitu variabel yang diduga sebagai akibat. Variabel independen juga disebut sebagai variabel yang mendahului dan variabel dependen sebagai variabel konsekuensi.

Bentuk hubungan antara variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen berupa hubungan korelasional dan hubungan sebab-akibat. Sesuai dengan fenomena sosial, bentuk hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen dapat bersifat positif dan negatif.



b. Variabel Moderating (Variabel Contigency)

Variabel Moderating adalah tipe variabel-variabel yang memperkuat atau memperlemah hubungan langsung antaravariabel independen dengan variabel dependen. Variabel moderating merupakan tipe variabel yang mempunyai pengaruh terhadap sifat atau arah hubungan antara variabel. Sifat atau arah hubungan antara variabel-variabel independen dengan variabel-varabel dependen kemungkinan positif atau negatif dalam hal ini tergantung pada variabel moderating.

c. Variabel Intervening. Variabel Intervening adalah tipe variabel-variabel yang mempengaruhi hubungan antara variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen menjadi hubungan yang tidak langsung. Variabel intervenig merupakan variabel yang terletak diantara variabel-varibel independen dengan variabel-variabel dependen, sehingga variabel independen tidak langsung menjelaskan atau mempengaruhi variabel dependen.



d. Variabel Kontrol. Variabel Kontrol adalah variabel yang mengendalikan agar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen tidak dipengaruhi oleh faktor eksternal.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More