Pengenalan komputer
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
Dalam
arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang
kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti
"komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau
"sistem pengolah informasi."
Etimologi
Selama
bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
disebut sebagai komputer.
Kata
computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang
melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut
Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa
Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung"
kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis".
Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita
Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang
dengan mesin hitung.
Charles
Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin
analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga
sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Jenis
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup
banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi.
Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang
membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan
pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun
(meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang
berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat
perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa depan (meskipun niscaya lebih lambat).
Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena
mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih
awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat
bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang
mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka
muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat
artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.
Komputer
benam
Pada
sekitar 20 tahun , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari
permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA
dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik
lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer yang memenuhi
syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini
seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti
untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum
dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam"
(embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer
kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi
bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau
pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa
modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi
(PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.
Komputer
pribadi
Komputer
pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang dikenal
dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan
bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saaja yang memakai istilah
ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.
Bagaimana
komputer bekerja
Saat
teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis
sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras
menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan
arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur
Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika
dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara
kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat,
"bus"
Memori
modul
memori RAM
Di
sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel"
atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil
informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada
komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan
komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu,
dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori
menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum
berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang
mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf
F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu
metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan
gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa
disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara
umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan
sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada
buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran
masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke
komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat -
dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian
pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke
setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu
chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pengolah
Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan
menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti
pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan
bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Berkas:CPU
with pins.jpg
Contoh
sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan
menunjukkan kaki-kakinya.
Dalam
arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan
Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit
Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang
melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,
pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan
perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan).
Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit
kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan
ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang
diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke
lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah
berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu
adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah
berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
Input
dan hasil
I/O
membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil
kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).
Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive,
ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan
sebagainya.
Yang
dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode
(mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih
lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam
informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini,
sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah
yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer
hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan
baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi
sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke
sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah
0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi
diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin
menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh
komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya,
orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa
mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang
kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program
komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman
berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat
rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak
yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat
tinggi).
Arsitektur
Komputer
kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang
dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer
ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang
menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem
(misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa
komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka
mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih
lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian
dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas,
tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi
dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai
perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan
perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program
Program
komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali
dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan
banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi
modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah
dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat
kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan
perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, "programmer."
"Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas
biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah
itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer
kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke
sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu
program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan
melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke
sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda
yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program.
Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan.
Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem
operasi
Sistem
operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam
kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program
komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam
sistem operasi.
Sistem
operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana
(seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan
servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer
untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari
semua alat elektronik yang terhubung.
Penggunaan
komputer
Anak-anak sedang belajar penggunaan komputer
bersama sang guru.
Komputer
digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk
pembuatannya. Komputer di masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan
perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk
memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung
kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan
semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari
1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan
bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk I, komputer pertama
Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy
Mountains, suatu proyek pembangkitan hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai
dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama,
Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga
menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar
dan penggunaan lain.
Orang-orang
di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan
banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh
manusia - misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam
bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk
analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai
oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering
menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya
dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer
yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan
penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang
sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku,
menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang
matematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun,
ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai
untuk banyak maksud lain.
Sekaligus,
komputer kecil, biasanya dengan mengatur memprogram, mulai menemukan cara
mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan
perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti
itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk
kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu
dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan
kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan
insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Bagian-bagian
komputer
Komputer
terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat
keras (hardware).
Perangkat keras
ü
Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
ü
Hard drive, media penyimpanan semi permanen
ü
Perangkat masukan, media yang digunakan untuk
memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
ü
Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk
menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer
Perangkat lunak
ü Sistem
operasi
Program dasar pada komputer
yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa
digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk
(namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input,
output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
Program komputer Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan
sistem operasinya
ü Slot
pada komputer
ü ISA/PCI,
slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
ü AGP/PCIe,
slot untuk masukan kartu tambahan grafis
ü IDE/SCSI/SATA,
slot untuk hard drive/ODD
ü USB,
slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat
ü yang
dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
Jenis
komputer
ü Komputer
analog
ü Komputer
pulsa
ü Mikrokomputer
ü Komputer
rumah (home computer)
ü Komputer
pribadi (PC)
ü Server
ü Minikomputer
ü Mainframe
computer
ü Superkomputer
1.Fungsi perangkat Keras (Hardware) Komputer :
1. Monitor
Monitor ini mempunyai fungsi sebagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan
hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh
pemakai komputer.
2. CPU (Central Processing Unit)
CPU berfungsi sebagai pengendali proses kinerja computer dengan kata
lain yaitu sebagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer dan
sebagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.
3. Printer
Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.
4. Scanner
Scanner ini seperti mesin fotocopy dan berfungsi untuk mengkopy data
objek dan dipindahkan kedalam memory komputer dan hasilnya dapat dilihat pada
monitor komputer.
5. Mouse
Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.
Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.
6. Keyboard
Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka,
karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan
membuka file.
7. Speaker
Speaker berfungsi untuk merubah gelombang listrik dari perangkat
audio menjadi gelombang suara atau getaran.
8. Modem
Modem berfungsi alat komunikasi dua arah dan saat ini lebih
digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
9. Stabilizer
Fungsi stabilizer untuk menstabilisikan tegangan listrik apabila voltase listrik turun.
10. Harddisk
Fungsi harddisk untuk menyimpan data komputer dan penyimpanan
Operation System (OS) serta sebagai alat booting komputer.
11. RAM / Modul Memori
Fungsi RAM / Memori adalah sebgai perangkat yang menyimpan proses
kinerja komputer untuk sementara sehingga membuat akses data yang sama lebih
cepat.
12. PowerSupply
Power Supply berfungsi sebagai penghantar arus listrik, kontrol voltase pada perangkat keras komputer.
13. KabelData
Kabel data berfungsi untuk mengirim data atau menerima data komputer.
14. Kabel VGA
Fungsi kabel VGA untuk menampilkan out put / hasil pengolahan
data komputer dan selanjutnya bisa bisa dilihat di layar monitor.
15. FanKipas
Fungsi fan adalah sebagai pendingin perangkat komputer, seperti processor, harddisk
16. LAN Card
Fungsi LAN Card untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN
17. Motherboard
Fungsi Motherboard / Mobo sebagai wadah / papan sirkuit utama tempat
macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios,
jalur-jalur dan juga konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat
yang terpasang.
18. Processor
Fungsi processor untuk merespon dan mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.
19. Headsets
Fungsi headsets untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.
20. Microphone
Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi arus listrik.
21. CD-Room
Fungsi Cd-Room sebagai tempat untuk proses burning, copy CD dan
install software menggunakan CD/DVD.
22. CD / DVD
Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data
23. Flashdisk
Fungsi Flashdisk untuk menyimpan data-data
24. Webcam
Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data
23. Flashdisk
Fungsi Flashdisk untuk menyimpan data-data
24. Webcam
Fungsi Webcam sebagai alat bantu pada komputer misalnya untuk
melihat gambar orang yang diajak chatting.
25. Joystick
Fungsi joystick sebagai alat bantu untuk memainkan permainan / game.
26. Video Adaptor atau GPU
Fungsi joystick sebagai alat bantu untuk memainkan permainan / game.
26. Video Adaptor atau GPU
Fungsi Video Adaptor sebagai penghubung peralatan proses data dengan
peralatan output berupa layar monitor dan juga dapat memaksimalkan fungsi layar
sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan kualitas warna yang
terbaik dan juga dapat mempercepat kinerja software Operation System.
27. Sound Card
Fungsi Sound Card sebagai penghubung output audio ke speaker,
penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon.
28. UPS
Fungsi UPS untuk menyimpan/menyediakan arus listrik tambahan
29. Barcode
Fungsi Barcode untuk membaca kode yang berbentuk kotak atau garis
lalu diterjemahkan dalam bentuk angka-angka, biasanya terdapat pada kasir
supermarket.
2. Fungsi perangkat
Lunak (Software) Komputer :
Perangkat lunak telah berkembang sedemikian pesat
seiring dengan kemajuan teknologi. Saat ini telah beredar ribuan perangkat
lunak baik yang berlisensi (shareware) maupun gratisan (freeware).Berdasarkan
fungsinya perangkat lunak dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Perhatikan
bagan berikut :
1.
Perangkat Lunak Pengolah Kata
1.1. Lotus Word pro
Lotus word pro adalah aplikasi pengolah kata yang
dibuat oleh IBM (international bussines machine).
Kelebihan aplikasi ini adalah :
·
File yang
dibuat di lotus word pro dapat dibuka dan diedit memakai Microsoft word.
·
Word pro
memiliki fasilitas Helpful menu finder yang berfungsi membantu menemukan
perintah-perintah yang sesuai perintah word dan word perfect.
1.2. Corel Wordperfect
Word perfect versi terbaru adalah word perfect
office X 3 yang dapat dijalankan di windows XP, windows 200, dan windows 98.
Kelemahan aplikasi ini adalah membutuhkan
spesifikasi perangkat keras yang lebih tinggi, yaitu minimal Pentium III dengan
memori 128 MB.
Kelebihannya adalah harganya lebih murah
disbanding MS.Word dan dapat membaca file yang dibuat di MS. Word.
1.3. Star office Writer
Aplikasi ini bersifat multiflatform, artinya dapat
dijalankan diberbagai system operasi termasuk linux, solaris, unix, dan
windows.
Kelebihan Star office writer adalah :
·
mampu
mengkonversi file dari ms.word dan word perfect.
·
Harganya
murah dan mudah memakainya
·
Mempunyai
banyak contoh memo, faks, surat, resume, dan dokumen.
1.4. OpenOffice Writer
Aplikasi ini lisensinya gratis (freeware), jadi
siapa saja dapat mendistribusikan lagi tanpa harus membeli lisensi. Kita dapat
mengunduhnya di http://www.openoffice.org
Kelebihan aplikasi ini adalah :
·
Dapat
dijalankan diberbagai system operasi (multiplatform) seperti Linux, Windows,
Unix, Solaris dan Max OS.
·
Fitur yang
dimiliki mirip dengan Microsoft word, sehingga memudahkan pemakaian bagi pengguna
baru.
·
Data yang
dibuat di aplikasi ini dapat dibuka dan diedit di Ms. Word dan sebaliknya data
di Ms. Word dapat dibuka dan diedit di openoffice writer.
1.5. Microsoft Word
Ms. Word merupakan aplikasi pengolah kata yang di
keluarkan oleh Microsoft corporation
Ms word biasanya telah terpaket dengan program
lain dalam aplikasi Microsoft office.
Ms. Office tampil dalam banyak versi antara lain
office 95, office 97, office 2000, office XP, dan office 2007.
Kelebihan ms word adalah :
·
Mudah
digunakan (user friendly)
·
Fitur lengkap
sesuai kebutuhan
·
Mampu membuat
berbagai jenis dokumen antara lain surat, buku, publikasi dan gambar sederhana.
Kekurangannya adalah :
·
Satu software
harus diinstal untuk satu computer dengan membayar lisensi yang mahal.
2.
Perangkat Lunak Pengolah Angka
2.1. Kspread
Kspread adalah aplikasi pengolah angka
(spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform.
Opensource artinya aplikasi ini dapat digunakan
secara bebas dan tidak perlu membayar lisensi. Bahkan program ini terbuka untuk
dikembangkan sendiri oleh pengguna.
Multiplatform artinya aplikasi ini dapat
dijalankan diberbagai system operasi misalnya windows, linux, solaris, dan max
OS.
Aplikasi ini dapat di unduh (download) di alamat
internet : http://www.koffice.org.
Kelebihan kspread adalah :
·
Tampilannya
dilengkapi menu dan tombol-tombol sehingga mudah digunakan.
·
Dilengkapi
fitur-fitur pengolah angka dengan berbagai kemudahan
·
Mampu mampu
melakukan perhitungan lebih dari 100 fungsi
·
Mampu
mengurutkan angka.
·
Dalam satu
dokumen mampu memuat banyak lembar kerja dan banyak table.
2.2. Star Office Calc.
Star office calc adalah aplikasi pengolah angka
yang dibuat oleh Sun Micro System.
Aplikasi ini bersifat multiplatform, sehingga
dapat dijalankan diberbagagi system operasi.
Kelebiihan star Office Calc adalah :
·
Mampu
mengenali dan mengklarifikasi data di lembar kerja untuk diterjemahkan dalam
bentuk grafik.
·
Mampu
mengkonversi data yang dihasilkan ke dalam dokumen Excel.
2.3. OpenOffice calc
Open office calc adalah software yang bersifat
open source, artinya orang lain dapat merubah program sesuai dengan kebutuhan.
Selain itu perangkat lunak ini bersifat multiplatform sehingga dapat berjalan
dengan berbagai system operasi seperti windows, linux, unix, solaris, dan max
OS.
OpenOffice Calc adalah freeware oleh karena itu
siapa saja bias menggunakannya tanpa harus membayar lisensinya.
Perangkat lunak ini dilengkapi tampilan mirip
seperti Ms. Excel penempatan menu-menu, toolbar tidak berbeda jauh dengan Ms.
Excel.
2.4. Gnome-Gnumeric
Gnumeric adalah perangkat lunak pengolah angka
dari Gnome office.
Perangkat lunak ini bersifat open source dan dapat
digunakan secara bebas (freeware)
Selain itu software ini bersifat multiflatform,
sehingga dapat dijalankan dengan berbagai sistem operasi .
Tampilan perangkat lunak ini juga user friendly,
karena dilengkapi tombol-tombol dan menu seperti pada MS. Excel.
2.5. Abacus
Perangkat lunak ini hanya memerlukan memori kecil
dan mudah digunakan. Software ini dikembangkan oleh mahasiswa universitas IST
Portugal dibawah bimbingan Prof. Arlindo Olivera.
Abacus telah dilengkapi fitur-fitur standar
pengolah angka, menu-menu dan tombol-tombol untuk memudahkan pengguna memakai
aplikasi ini.
2.6. XESS
Aplikasi ini dibuat oleh AIS (Aplied Information
System). Kelebihannya adalah bersifat multiplatform.
Xess diproduksi dengan dua model yaitu Enterprise
dan lite. XESS Enterprise dilengkapi fitur-fitur standar, kompetibel dengan
lotus dan Excel, mampu menggunakakn macro adds-ins, dan fasilitas pemrograman.
2.7. Lotus 123
Aplikasi ini termasuk pengolah angka tertua dan
dibuat oleh IBM (International Business Machine).
Kelebihan Lotus 123 adalah mampu bertukar dokumen
dengan MS. Excel dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.
2.8. Microsoft Excel
MS. Excel adalah pengolah angka buatan Microsoft
Corporation. Dalam penjualannya biasanya excel telah dipaket dalam satu kemasan
MS. Office yang biasanya disertai MS. Word, MS. Powerpoint, MS. Access, MS.
Front Page, dan MS. Publisher.
Kelebihan Excel adalah tampilannya user friendly,
disertai menu-menu standar dan fitur-fitur yang sangat diperlukan untuk
pengolahan angka.
Kelemahan
Excel adalah harus membayar lisensi yang relative mahal, karena program ini
bersifat shareware.
ü Tampilan MS. Excel adalah sebagai berikut :
Baris Judul (title bar)
Memuat judul dari dokumen yang sedang aktif.
Sehingga membantu pengguna untuk mengetahui dokumen apa yang sedang dikerjakan.
Secara default excel akan menamai setiap dokumen
dengan nama Book1, book2 dan seterusnya.
ü Kontrol jendela
Control jendela terdiri dari tiga tombol dengan
gambar silang (X), gambar kotak kecil bertumpuk , dan tanda minus.
Gambar silang berfungsi untuk menutup program,
sedangkan gambar kotak kecil berfungsi memperkecil dan memperbesar tampilan.
Symbol minus digunakan untuk menyembunyikan tampilan (minimize) dan menampilkan
kembali jendela (maximize).
ü Menu bar
berisi perintah-perintah yang dikelompokkan
berdasarkan fungsinya.
ü Toolbar
Berisi tombol-tombol yang memuat perintah-perintah
dalam excel
3. Perangkat
lunak Presentasi
3.1. Star Office Impress
Merupakan aplikasi presentasi yang dikeluarkan
oleh Sun Microsystem beserta aplikasi kantor lainnya.
Aplikasi ini bersifat multiplatform, sehingga bisa
dijalankan di Linux, Solaris, Unix dan Windows.
Kelebihannya adalah :
·
Data yang
dibuat di Star Office dapat dibuka dan diedit di MS. Power Point.
·
Memiliki
wizard untuk memudahkan pengguna pemula
·
Memiliki menu
dan tombol yang mudah digunakan.
3.2. OpenOffice Impress
Bersifat Opensource sehingga pengguna dapat
memodifikasi aplikasi ini sesuai kebutuhan.
Bersifat freeware, sehingga siapa saja dapat
mengedarkan dan memakainya tanpa harus membayar lisensi.
Bersifat multifalform, sehingga dapat berjalan
pada sistem operasi Windows, Linux, Solaris, dan mac.
3.3. Kpresenter
Kelebihannya adalah :
·
dapat
berintegrasi dengan perangkat lunak Koffice lainnya.
·
Memiliki
template – template presentasi
·
Dilengkapi
fitur-fitur yang biasa digunakan untuk presentasi
·
Mampu
diselipi semua obyek baik grafik, gambar, clip art dan lain-lain
·
Mampu
menyimpan data dengan format HTML.
3.4. Power Point
Aplikasi ini bersifat shareware sehingga pengguna
harus membeli lisensi terlebih dahulu.
Kelebihan power point adalah :
·
User friendly
artinya tampilannya membantu pengguna mudah mempelajarinya.
·
Dapat
menyisipkan gambar, lagu, film maupun obyek lain.
·
Dapat
menyimpan data dalam bentuk HTML
·
Dapat
mengkonversi data dengan ekstensi PPT menjadi gambar dengan format JPG.
·
Tampilan
Power point adalah sebagai berikut :
4.
Perangkat Lunak Antivirus
Antivirus adalah perangkat lunak yang berfungsi
melindungi computer dari serangan virus. Virus adalah sebuah program yang
berukuran kecil, mampu menggandakan diri secara otomatis dan mampu merusak
computer. Virus jumlahnya mencapai ratusan ribu, misalnya worm, Trojan, brontok
dan lain-lain. Antivirus ada yang bersifat freeware misalnya; AVG, Norman AV,
Antivir, Clamwin, PCMAV, RAV (Rising Anti Virus), dan lain-lain Antivirus yang
bersifat shareware antara lain ; MC Affee, Norton AV, Kaspersky, dan lain-lain.Agar
computer kita terhindar dari serangan virus maka yang harus dilakukan adalah:
·
harus kita
install antivirus dan sering di update karena setiap saat jenis virus
bertambah.
·
Selalu
menscan media penyimpan data terlebih dahulu sebelum membukanya
·
Jangan membuka
file yang dicurigai terifeksi virus.
·
Jangan
membuka file yang tidak dikenal.
3.Fungsi perangkat
Intelektual (Brainware) Komputer :
Brainware Komputer
Brainware Komputer adalah setiap orang yang
terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data.
Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang
mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun
software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software
yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal. Berdasarkan tingkat
pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan :
A. System Analyst
System Analyst adalah seseorang yang bertanggung
jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan
pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan
organisasi bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang
sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang system analyst harus
memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan
interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis
memungkinkan seorang system analyst untuk memahami perilaku organisasi beserta
fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi
kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian
teknis akan membantu seorang system analyst untuk memahami potensi dan
keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorang system analyst harus mampu
untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta
perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang
system analyst untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan.
Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan
pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer, administrator dan profesi
sistem lainnya.
B. Programmer
Programmer adalah seseorang yang mempunyai
kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C,
Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas
yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan
dirancang.
C. Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas
mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah
sistem komputer atau jaringan komputer.
D. Operator
Operator adalah pengguna biasa yang hanya
memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya
menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.
4 tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna
umum dari sebuah sistem komputer. Sebenarnya dalam bidang IT masih banyak
brainware-brainware komputer lainnya seperti Teknisi, Graphic Designer,
Spesialis Jaringan, dll. Namun itu semua tidak wajib harus Anda ketahui, yang
wajib Anda ketahui cukup 4 tingkatan ini.
1 komentar:
copas lo
Posting Komentar